Labels

SILABUS KURIKULUM 2013

Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran tertentu yang
mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu. Silabus digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Berikut kami berikan link Download Silabus SMK Kelas X, XI, XII Kurikulum 2013 Lengkap :

NO
MATA PELAJARAN
DOWNLOAD
Kelompok A (Umum)

1
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3
Bahasa Indonesia
4
Matematika
5
Sejarah Indonesia
6
Bahasa Inggris
Kelompok B (Wajib)

7
Seni Budaya
8
Prakarya dan Kewirausahaan
9
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
10
Bahasa Bali


NO
MATA PELAJARAN
DOWNLOAD
Kelompok C (Peminatan)

1
Kelompok C (Paket Keahlian Akuntansi)
Klik disini 11
2
Kelompok C (Paket Keahlian Multimedia)
Klik disini 12
3
Kelompok C (Paket Keahlian Akomodasi Perhotelan)
Klik disini 13

Dalam silabus Kurikulum 2013 memuat beberapa komponen, yakni :

  1. Kompetensi Inti merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran
  2. Kompetensi Dasar merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran
  3. Materi Pokokmemuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi
  4. Pembelajaran yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan
  5. Penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik
  6.  alokasi waktu sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun; dan
  7. Sumber Pembelajaran dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan